BACKPACKING TIPS & TRICKS #2

Setelah tiket sudah berhasil di tangan, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mempelajari seluk beluk destinasi wisata yang akan dikunjungi. Akan tetapi kamu harus tahu terlebih dahulu hal apa yang ingin kamu eksplor di tempat tersebut. Tujuannya apa? adalah supaya memudahkanmu untuk menyusun itinerary dan memanfaatkan waktu yang singkat. Ada beberapa macam tujuan seseorang berlibur, diantaranya berwisata kota/ heritage, wisata pantai/ alam, atau ada pula yang ingin sekedar berwisata kuliner.


Wisata Kota/ Heritage ( sightseeing)

Hal apa saja yang harus kamu ketahui?

1. Icon Tempat.
sebuah tempat pasti memiliki icon atau ciri khas, seperti Jogjakarta dengan Tugu-nya, Jakarta dengan Monas-nya, Singapore dengan Merlion-nya, dll.
2. Place of Interest.
Bangunan bersejarah, museum, candi, taman bermain, taman kota, chinatown, bahkan mall! yes, liburan nggak harus mahal, banyak lho tempat-tempat yang bisa diakses gratis.
3.  Events
setiap kota, apalagi kota besar, pasti memiliki event-event rutin seperti pertunjukkan seni kebudayaan, konser musik, parade-parade, dll.


Wisata Pantai/ Alam

Hal apa saja yang harus kamu ketahui?

1. Pantai-pantai
Kalau kamu tidak suka dengan pantai-pantai yang mainstream, cobalah mencari tahu pantai-pantai yang masih terjaga keasliannya. Banyak sekali pantai-pantai di indonesia yang masih belum terjamah lho!
2. Outbond/ Diving
Buat kamu yang suka dengan tantangan, cobalah mencari tahu informasi seputar rafting, bungee jumping, diving, dll.
3. trekking/ adventure
cari informasi sebanyak-banyaknya seputar jalur trekking, susur goa, spot-spot menarik, bahkan kalau beruntung kamu bisa mendapatkan pemandangan city light dari ketinggian.



Wisata Kuliner

Hal apa saja yang harus kamu ketahui?

1. Menu khas suatu tempat
2. Tempat makan yang direkomendasikan
3. Tempat makan khusus vegetarian
4. Tempat makan halal/ non halal
5. Tempat oleh-oleh


KESIMPULAN

1. Carilah Place of interest setempat.

2. Tandai tempat-tempat wisata yang berbayar dan gratis.

3. Pelajari sistem transportasinya, bagaimana mengjangkau satu lokasi ke lokasi lainnya, baik dengan transportasi umum maupun kendaraan sewa.

4. Cari referensi peta dan rute perjalanan.

5. Mengetahui kultur masyarakat setempat. Minimal sedikit banyak tahu bagaimana kebiasaan penduduk, adat-istiadat, dll.

6. Mencari referensi tentang review perjalanan orang lain, bisa melalui internet atau membaca buku tentang travelling/ destinasi wisata yang akan dituju.





Happy Browsing! :)


Sumber:
1. Dokumentasi pribadi
2. foto kumpulan buku diambil dari internet

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BACKPACKING TIPS & TRICKS #3